( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu
Menyediakan produk : Ball Joint Pipa Air PDAM, Klem Sadel Pipa Air PDAM, Stang Pompa Kodok | Telp : 0813 2962 4958

Penyebab Pompa Air Mati, Kenali Dulu Kerusakannya Sebelum Bertindak

Friday, October 19th 2018.

Pompa air begitu pentingnya bagi kebutuhan hidup sehari-hari, terlebih bagi masyarakat perkotaan yang memang sumber kebutuhan air bersih diperoleh menggunakan pompa air. Apabila pompa air mati, tentunya akan muncul berbagai masalah. Sebelum mengatasi pompa air mati, alangkah lebih baiknya Anda mengetahui dahulu apa saja penyebab pompa air mati. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Penyebab Pompa Air Mati

Kenali Apa Saja Penyebab Pompa Air Mati

Penyebab pompa air mati sebenarnya ada beberapa hal. Apabila Anda termasuk orang awam dalam hal menganalisa penyebab pompa air mati, maka simak saja ulasannya berikut:

  1. Putusnya kabel power
    Penyebab pompa air mati yang pertama adalah putusnya kabel power. Apabila kabel power terputus, maka tidak ada listrik yang mengalir sehingga pompa air tak akan menyala. Apabila ingin mengatasinya periksa kabel pompa air dan cari di bagian mana kabel power terputus. Periksa juga stop kontak pada pompa air beserta sumber listriknya.Coba melakukan pengecekan arus listrik, mulai dari asal sumber listrik pompa air. Gunakan alat tespen saat pengecekan. Akan lebih baik menggunakan alat multy tester untuk pengukur. Perhatikanlah apakah lampu alat tespen menyala ataukah tidak saat Anda mencolokkan alat tespen di lubang kontak.Apabila lampu alat tespen menyala, menandakan listrik dari stop kontak dalam kondisi baik. Apabila lampu alat tespen tidak menyala, menandakan listrik dalam kondisi bermasalah. Sesudah memastikan sumber listrik menyala, periksa kabel colokannya, pastikanlah tak ada kabel terputus. Apabila terdapat kabel terputus Anda harus menyambungkan kabel kembali.
  1. Kerusakan pada pompa secara otomatis
    Kerusakan pada otomatis juga bisa menyebabkan pompa tidak menyala. Otomatis terdiri dari 2 jenis, pertama yakni otomatis yang terdapat pada mesin pompa air. Kedua yakni otomatis yang terdapat di penampung air atas (toren) yang biasa pula disebut dengan radar pelampung.Periksa segera apakah otomatisnya dalam kondisi baik dengan cara melangsungkan kelistrikannya yakni menyambungkan 2 kabel yang terhubung ke otomatis. Apabila pompa menyala saat kabel disambungkan atau bypass, maka bisa dipastikan bahwa otomatis pompa sedang mengalami kerusakan. Solusi selanjutnya gantilah otomatis yang baru.Pemeriksaan lakukan pula terhadap otomatis radar pelampungnya. Apabila otomatis radar pelampungnya juga mengalami rusak, maka perlu diganti yang baru.
  1. Dinamo yang terbakar
    Penyebab pompa air mati selanjutnya ialah motor dinamo terbakar. Yang terjadi umumnya gulungan dinamo sudah terputus disebabkan terbakar. Namun terdapat sebagian dinamo yang memakai fuse pemutus. Fungsi fuse ini untuk memutus arus listrik menuju motor gulungan bila pompa sedang mengalami gangguan.Pastikanlah untuk memeriksa gulungan pada dinamo dengan mengecek fusenya terlebih dulu. Segera ganti jika rusa, tetapi bila gulungan tampak terbakar atau terdapat aroma terbakar, gulung lebih dulu gulungan dinamo atau langsung diganti jika memang kondisi parah.
  1. Rusaknya kapasitor
    Kapasitor berperan penting guna mendorong berputarnya dinamo. Apabila kapasitor melemah atau terjadi kerusakan, maka dinamo tak akan bisa berputar dan ini menjadi salah satu penyebab pompa air mati. Dengan demikian pompa akan mati.Kapasitor pompa yang mulai mengalami kerusakan dapat diketahui dari munculnya suara menahan atau suara mendengung saat pompa air dinyalakan. Lakukan pengecekan kapasitor menggunakan multy tester. Kapasitor yang rusak harus diganti yang baru.
  1. Bearing macet atau rusak
    Penyebab pompa air mati yang terakhir ialah Bearing dinamo mengalami macet atau rusak, sehingga pompa air tak mampu bekerja dengan baik. Umumnya timbulnya kemacetan putaran dikarenakan gesekan bearing yang tidak baik. Rusaknya bearing dapat diketahui dari suara dengung sekaligus suara keras dari pompa. Namun bila sudah terjadi macet, pompa biasanya hanya mengeluarkan suara dengung saja. Jika Anda berniat menggantinnya berikut kami berikan tips nya (Baca Disini)

Bagaimana dengan pompa air Anda? Apabila pompa air Anda mati atau tidak mau menyala, maka kemungkinan mengalami salah satu dari penyebab pompa air mati di atas. Dan selain itu kerusakan juga bisa terjadi pada sperpart-sperpart yang kecil seperti klem sadel atau pipa air.

Produk terbaru

Rp 18.000
Order Sekarang » SMS : 0813 2962 4958
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKlem Sadel Pipa Air PDAM 1 dim X 1/2
Harga Rp 18.000
Lihat Detail
Rp 20.000
Order Sekarang » SMS : 0813 2962 4958
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKlem Sadel Pipa Air PDAM 1 1/2 dim X 1/2
Harga Rp 20.000
Lihat Detail
Rp 20.000
Order Sekarang » SMS : 0813 2962 4958
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKlem Sadel Pipa Air PDAM 2 dim X 1/2
Harga Rp 20.000
Lihat Detail
Rp 25.000
Order Sekarang » SMS : 0813 2962 4958
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKlem Sadel Pipa Air PDAM 2 1/2 dim X 1/2
Harga Rp 25.000
Lihat Detail
Rp 28.000
Order Sekarang » SMS : 0813 2962 4958
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKlem Sadel Pipa Air PDAM 3 dim
Harga Rp 28.000
Lihat Detail
Rp 35.000
Order Sekarang » SMS : 0813 2962 4958
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKlem Sadel Pipa Air PDAM 4 dim
Harga Rp 35.000
Lihat Detail

Pengiriman

Rekening Bank

0329624959 a/n TRIAWAN BUDI SANTOSO

Temukan Kami di